Pengemasan Kue Yang Aman Agar Tak Rusak Saat Pengirimaan

Pengemasan Kue Yang Aman Agar Tak Rusak Saat Pengirimaan

Untuk menjawab kebingungan para pengusaha kuliner khususnya cake & bakery dalam proses pengemasan produk, kali ini saya akan membahas cara mengemas kue agar tidak rusak selama proses pengiriman berlangsung.

Pertama, yang perlu dipertimbangkan agar kue tidak cepat rusak yaitu mengenai tekstur dan ukuran kue yang akan dikirim. Sebaiknya pilih kue yang teksturnya agak keras dan renyah agar kue tersebut bisa bertahan lebih lama. Apabila kue yang Anda pasarkan memiliki daya tahan yang relatif singkat karena bertekstur lembut dan basah, maka sebaiknya pilih jasa ekspedisi yang menyediakan paket pengiriman barang satu hari sampai tempat tujuan. Contohnya seperti JNE Yes, Tiki Ons, dan lain sebagainya.

Kedua, untuk mengurangi resiko kerusakan kue usahakan agar waktu produksi dan pengiriman kue tidak berselang terlalu jauh. Contohnya saja bila kue akan dikirim pada pagi hari tanggal 01 September 2016, maka Anda bisa melakukan proses produksi pada H-1 atau pada tanggal 02 September 2016 (pada sore hari). Dengan begitu, kue yang dikirim dalam keadaan fresh dan sampai ke tangan konsumen kualitasnya masih terjaga.

Ketiga, perhatikan bahan kemasan kue yang dipilih dan metode pengemasan yang digunakan. Apabila Anda memasarkan kue kering bisa menggunakan toples kedap udara agar kue kering tak mudah melempem. Namun, bila Anda menggunakan toples plastik mika maka sebaiknya sekelilingnya direkatkan dengan isolasi/ plester bening. Selain itu Anda juga bisa mengemas kue dalam kemasan plastik bening kemudian diikat dan dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Saat membuat kemasan kue, pastikan bahwa kue tersebut telah tertata rapi dan rapat sehingga tidak ada ruang renggang yang memungkinkan kue bergerak dan akhirnya hancur.

Keempat, untuk pengiriman barang sebaiknya lapisi kemasan produk dengan kotak atau kardus yang cukup tebal agar isi produk tidak rusak selama proses pengiriman barang. Sebelum dimasukkan ke dalam kotak atau kardus, ada baiknya bila Anda melapisi kemasan produk kue dengan Styrofoam atau menambahkan ganjalan kertas koran agar kotak kardus lebih rapat dan terlindungi ketika proses pengiriman berlangsung.

Kelima, yang terakhir dan yang paling penting adalah, bahwa kita harus memperlakukan secara istimewa dalam proses pengirimannya. Hal ini penting, agar kue ketika sampai di tangan konsumen masih tetap fresh ketika disajikan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

#packingkue #kemaskue #bisnisukm #bisniskue

Comments

Kennethsib

12 Feb 2020

waukesha health care studiomerliniortodonzia.it/cgi-bin/antibiotici.htm prescription bike glasses

Reply

Comments

Lelandamazy

04 Mar 2020

herbal eczema remedies https://www.monika-bauer.de/diazepam.html veteran health care

Reply

Write a comment